Alat Ukur Listrik Dasar

Sarana Buat Mengukur Tegangan Listrik – Tegangan listrik yaitu perbedaan potensial listrik yg ada diantara dua titik dalam satu buah rangkaian listrik atau elektronika. unit dari tegangan listrik yaitu volt (v). Besaran ini mengukur energi potensial dari satu buah medan listrik, yg pada hasilnya mengakibatkan timbulnya aliran listrik yg berada dalam konduktor listrik.

Tegangan listrik menyebabkan obyek yg mempunyai muatan listrik negatif tertarik dari area yg mempunyai tegangan rendah menuju ke tempat yang mempunyai lebih tinggi, sehingg arah arus listrik mengalir dari tegangan tinggi menuju ke tegangan rendah. berkata soal tegangan listrik, tentunya tidak bakal pernah lepas dari yg namanya alat ukur.

terhadap peluang yg keren ini, menggali ilmu Elektronika dapat sharing sedikit info pada kamu semua menyangkut media untuk mengukur tegangan listrik. Bagi kamu yg berniat memahami dunia elektronika, sangat utama mendalami materi yg satu ini. Oleh sebab itu mari simak baik-baik.
alat utk Mengukur Tegangan Listrik

perlu diketahui bahwa ada beberapa kategori media yg bisa dimanfaatkan utk mengukur tegangan listrik, diantaranya yaitu avometer & juga voltmeter. utk penjelasan lebih komplit tentang ke-2 sarana tersebut, langsung saja mari simak baik-baik ulasan dari tigarambu.com berikut ini.

1. AVOmeter

Avometer atau multimeter atau multitester merupakan satu buah sarana yg dimanfaatkan buat mengukur beberapa unit tegangan mulai sejak dari arus (ampere), tegangan (volt), & hambatan (ohm). tidak hanya itu avometer serta biasa dimanfaatkan utk memeriksa rusak tidaknya suatu rangkaian elektronika. Avometer terbagi atas dua tipe, yaitu avometer analog & digital.

untuk mengukur tegangan menggunakan avometer, cukup putar saklar ke mode tegangan (volt). sesudah itu bungkan probe merah ke kutub positif & probe hitam ke kutub negatif, apabila yg diukur yakni tegangan DC. tetapi apabila tegangan AC, bebas membolak-balik probe merah & hitam. lihat serta batas ukur tegangan buat menghindari kerusakan kepada avometer.

2. Voltmeter

berlainan dari avometer, voltmeter ini yakni sarana ukur yg fokus digunakan buat mengukur tegangan listrik saja. Ya, voltmeter yaitu fasilitas ukur yg dipakai utk mengukur tegangan listrik atau beda potensial antara titik yg satu bersama yg lain. Voltmeter memanfaatkan galvanometer yg dihubungkan dengan cara seri dgn resistor.
cara memakai voltmeter ini lumayan gampang, tinggal pasang saja dengan cara paralel kepada ke-2 ujung saluran yg mau dicari berapa gede tegangannya. buat info lebih menurutnya tentang gimana cara memakai voltmeter mampu kamu lihat gambar yg ada di bawah ini.


begitu kabar singkat berkenaan sarana ukur tegangan listrik. mudah-mudahan info yg kami bagikan terhadap peluang kali ini mampu memberikan manfaat bagi para pembaca tigarambu.com di manapun kamu berada. hingga pertemuan & jangan sampai lupa bagikan artikel ini ke kepada kawan-kawan kamu via social fasilitas button di bawah ini.