Beda rangkaian seri dan pararel serta rumusnya

Perbedaan Rangkaian Seri & Paralel – Dalam dunia elektronika & kelistrikan tentunya kita akan mengenal yg namanya rangkaian seri & rangkaian paralel. Sebenarnya apa berbedaan dari rangkaian-rangkaian tersebut? utk kamu yg mau tahu jawabannya, segera saja simak ulasan belajar Elektronika berikut ini.





diawal mulanya belajar elektronika sudah menyinggung terkait rangkaian listrik seri & paralel. Dalam artikel tersebut telah dijelaskan apa pengertian dari rangkaian seri & juga paralel. & pada peluang yg baik ini, belajar Elektronika akan konsentrasi membahas perbedaan dari dua rangkaian tersebut.

Perlu diketahui bahwa rangkaian seri & paralel sebenarnya yaitu dua metode atau cara utk menyalurkan energi listrik. Dua tipe rangkaian tersebut kerap diterapkan terhadap instalasi listrik hunian maupun yg yang lain. Perbedaan dari dua type rangkaian tersebut terletak pada penyusunan, kelebihan, juga kekurangannya.

Rangkaian Seri


1. Pengertian Rangkaian Seri

Rangkaian Seri yakni rangkaian listrik yg komponen-komponennya disusun dengan cara sejajar. Dengan kata lain seluruh komponen yg ada di rangkaian seri ini terpasang dengan cara berurutan. buat lebih tuturnya mengenai rangkaian listrik seri, mampu kamu lihat terhadap gambar di bawah ini.

2. Kelebihan Rangkaian Seri

Ada beberapa kelebihan rangkaian seri diantaranya yakni mempunyai kestabilan yg tinggi dalam menghantarkan listrik, lebih praktis dalam pembuatannya dikarenakan tak membutuhkan banyak komponen (kabel), pun lebih gampang dianalisa bila berlangsung kerusakan atau masalah kepada rangkaian.

3. Kekurangan Rangkaian Seri

tidak cuma mempunyai beberapa kelebihan, rangkaian seri juga mempunyai beberapa kekurangan diantaranya yaitu sumber tegangan yg dipakai oleh rangkaian seri mesti senantiasa dalam kondisi prima buat menanggulangi terjadinya masalah tegangan, & seandainya berjalan masalah terhadap satu komponen maka semua rangkaian akan kena imbasnya alias mati.

4. perhitungan Rangkaian Seri


penerapan rangkaian seri ini mampu diliat dari pemasangan lampu-lampu jalan & baterai senter. perhitungan dari rangkaian seri yaitu dengan jalankan penjumlahan seluruhnya komponen yg ada dalam rangkaian. buat lebih menurutnya mampu kamu lihat terhadap gambar yg ada di bahwa ini

Rangkaian Paralel


1. Pengertian Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel ialah tipe rangkaian listrik yg disusun dengan cara tak sebaris alias bercabang. maka input dari rangkaian ini diambil dari sumber yg sama. tidak heran apabila komponen (kabel) yg difungsikan utk memberikan rangkaian paralel lebih tidak sedikit dibanding dengan rangkaian seri.

2. Kelebihan Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel mempunyai beberapa kelebihan diantaranya ialah apabila ada salah satu komponen yg rusak atau dilepas, maka komponen yg yang lain tetap mampu terjadi dengan normal, dikarenakan aliran listrik mengalir ke setiap komponen yg ada. tidak sama dengan rangkaian seri yg cuma memakai satu jalur.

3. Kekurangan Rangkaian Paralel

tidak cuma mempunyai kelebihan, rangkaian paralel juga mempunyai kekurangan merupakan anggaran yg dibutuhkan utk menciptakan rangkaian ini jauh lebih mahal dibanding dengan rangkaian seri. sebab rangkaian paralel memerlukan tidak sedikit komponen (kabel) buat menghubungkan masing-masing beban dengan sumber tegangan.

4. perhitungan Rangkaian Paralel

penerapan rangkaian paralel ini sanggup di lihat dari pemasangan lampu lalu lintas. perhitungan dari rangkaian paralel merupakan dengan lakukan penjumlahan kebalikan seluruhnya komponen yg ada dalam rangkaian. utk lebih jelasnya bisa kamu lihat kepada gambar yg ada di bahwa ini.

jadi dapat disimpulkan bahwa pada rangkaian seri, besar nya arus sama gede, sedangkan besar nya tegangan berbeda-beda tergantung gede hampatan dalam suatu rangkaian. Sebaliknya terhadap rangkaian paralel, besar nya tegangan sama gede, sedangkan besar nya arus berbeda-beda tergantung besar nya gangguan yg ada dalam rangkaian.

begitu info singkat berkaitan perbedaan rangkaian seri & paralel. mudah-mudahan info yg kami sampaikan kali ini mampu berguna bagi pembaca seluruhnya, khususnya pembaca setia tigarambu.com. hingga pertemuan & janganlah lupa utk membagikan artikel ini pada kawan-kawan kamu seandainya berguna.